E-Learning Evaluasi Matematika

You are not logged in. (Login)
unp logo
Pendidikan Matematika
PPs Universitas Negeri Padang
Skip LoginSkip Main MenuSkip Latest News

Latest News

  • 29 Jul, 21:28
    Admin User
    Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran more...
  • 24 May, 18:17
    Admin User
    Masalah error pada pengisian Polling Pendapat dan Lembar Wawancara more...
  • 18 Apr, 11:49
    Admin User
    Masalah login ke website more...
Skip Search Forums

Search Forums

12E-Learning Evaluasi Pembelajaran Matematika adalah sarana penunjang perkuliahan di Program Pascasarjana UNP


Selamat datang di E-Learning / Pembelajaran Online bagi Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Situs ini berisi tentang beberapa pembelajaran online dari matakuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika yang diasuh oleh Dosen di lingkungan Universitas Negeri Padang.

Untuk panduan perkuliahan dapat dilihat di sini

Site news

Picture of Admin User
Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran
by Admin User - Sunday, 29 July 2012, 09:28 PM
 
Evaluasi pembelajaran memilki berbagai tujuan diantaranya adalah untuk :
1. Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa. Berfungsi sebagai :
a. Laporan kepada orang tua / wali siswa.
b. Penentuan kenaikan kelas
c. Penentuan kelulusan siswa.

2. Penempatan siswa ke dalam situasi belajar mengajar yang tepat dan serasi dengan tingkat kemampuan, minat dan berbagai karakteristik yang dimiliki.
3. Mengenal latar belakang siswa (psikologis, fisik dan lingkungan) yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa, yakni berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
4. Sebagai umpan balik bagi guru, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remdial bagi siswa.

Evaluasi mempunyai fungsi : Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran), instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar), diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa)., placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya) dan administratif BP (pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya)
Picture of Admin User
Masalah error pada pengisian Polling Pendapat dan Lembar Wawancara
by Admin User - Thursday, 24 May 2012, 06:17 PM
 
Masalah error pada pengisian Polling Pendapat dan Lembar Wawancara sudah diperbaiki. Silahkan untuk mengisi Polling Pendapat dan Lembar Wawancara kembali. Terimakasih
Picture of Admin User
Masalah login ke website
by Admin User - Wednesday, 18 April 2012, 11:49 AM
 
Diberitahukan kepada seluruh user yang mengalami masalah login atau upload tugas ke e-learning Evaluasi Pembelajaran Matematika supaya menghubungi e-mail firdaus.asri@yahoo.com atau hubungi nomor 081374040640. Terima kasih

Available Courses

  • Pemecahan masalah merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran matematika. Aspek ini terus menerus menjadi topik pembicaraan di kalangan peneliti maupun pendidik matematika. Berbagai kalangan merekomendasikan agar pemecahan masalah menjadi fokus utama dalam pembelajaran matematika (Schoenfeld, 1992, 200; NCTM, 2000; Lenchner, 2005). Hal ini beralasan karena pada hakekatnya belajar matematika adalah pemecahan masalah (Halmos dalam Schoenfeld, 1983)

  • Penalaran adalah kemampuan utama lain yang ingin dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Struktur matematika yang terdiri dari definisi-definisai, aksioma-aksioma, serta teorema-teorema, serta sifat deduktif yang ketat dari matematika, membutuhkan kemampuan penalaran yang baik untuk memahaminya. Mengingat pentingnya peran penalaran dalam pembelajaran matematika, NCTM (lihat www.nctm.org) menganjurkan agar penalaran siswa dikembangkan secara terus menerus, mulai sejak mereka di usia dini. Hal ini terlihat dari pernyataan NCTM bahwa “reasoning mathematically is a habit of mind, and like all habit, it must be developed through consistent use in many contexts and from the earliest grades. Through the use of reasoning, students learn that mathematics makes sense.


  • Pelaksanaan asesmen melalui “pencil and paper test” dalam pembelajaran selama ini cenderung mengisolasi matematika dari bidang-bidang lain, sehingga kemampuan koneksi siswa tidak berkembang. Akibatnya siswa sangat sulit melihat dan merasakan manfaat mempelajari topik-topik matematika di sekolah. Di samping itu, siswa juga mengalami kesukaran untuk memahami hubungan anatara konsep-konsep matematika yang mereka pelajari dengan konsep-konsep yang mereka pelajari dalam fisika, biologi, atau bidang lainnya.


    Melalui teknik asesmen berbasis kelas yang bervariasi, siswa diarahkan untuk melihat koneksi antar konsep-konsep matematika, maupun koneksi antara matematika dengan bidang-bidang lain. Koneksi Matematis (Mathematical Connections) merupakan pengaitan matematika dengan pelajaran lain, atau dengan topik lain.

  • Asesmen berbasis kelas dalam pembelajaran matematika dapat diimplementasikan dengan menggunakan berbagai teknik, diantaranya: asesmen unjuk kerja, proyek dan investigasi, presentasi dan diskusi, observasi dan bertanya, serta jurnal dan portofolio. Guru matematika dapat menggunakan satu atau beberapa teknik ini untuk mengases dan membantu perkembangan kemampuan matematis siswa, yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi, dan representas
  • Proyek merupakan cara yang tepat untuk melibatkan siswa lebih jauh dalam penyelesaian masalah. Proyek dapat melibatkan siswa dalam situasi terbuka yang memberikan hasil yang beragam, atau mengiring murid untuk memikirkan pertanyaan atau hipotesis yang membutuhkan penelusuran (investigasi) lebih jauh. Proyek juga memberi peluang bagi siswa untuk menggali ide ilmiah menggunakan ilmu fisika atau teknologi seperti sensor elektronik, kalkulator grafik dan komputer.

Course categories




Skip Polling Pendapat dan Wawancara

Polling Pendapat dan Wawancara

Demi kesempurnaan dalam pengembangan e-learning Evaluasi Pembelajaran Matematika ini, dimohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengisi Polling Pendapat dan Lembar wawancara

Polling Pendapat klik di sini
Lembar Wawancara klik di sini
Skip Online Users

Online Users

(last 5 minutes)
None
Skip Calendar

Calendar

Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
      1 Today Thursday, 2 October 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31